Tuesday, November 4, 2014

bullying, anak usia tk pun sudah melakukannya?

hari ini aku kaget banget waktu jemput zahwa di sekolah.. waktu mau pulang, sepatunya dimana??
akhirnya ada temen kelas zahwa yang ngasi tau, kalo sepatunya "disana".. waktu dicari, ternyata sepatunya ada yang naruh di tempat cuci tangan, dan basah.. aku tanya bunda (sebutan guru disekolah) tapi bunda kelasnya ga tau.. jadi harus gimana dong?

ya ampunnn.. ngelus dada bener
salah ya, punya sepatu yang lucu?

terus terang aku ga nyangka kalo anak tk bisa melakukan hal seperti itu.. tapi aku terus inget cerita mama.. waktu kecil mama sering beliin aku sandal yg lucu-lucu juga.. yang paling aku inget sandalnya bahan jelly warna cooper bening ada glitternya.. mama cerita, aku kalo main pulangnya suka lupa bawa sendal, lari aja gitu.. pas mau diambil, sendalku dipaku sama temenku.. 

well ternyata bullying udah ada sejak jaman dahulu kala ya.. terus siapa yang salah?

aku googling tentang bullying, nemu tulisan ini.. sumber

Waspadai Tanda si Kecil Bakal Membully atau di-Bully

"Perhatikan anak yang sering merengek atau memakasakan kehendak pada org lain. Dikhawatirkan, dia akan terbiasa hingga dewasa melakukan bullying," jelas Nina.
Yang penting diingat, Nina menjelaskan, saat anak beranjak dewasa konotasi bullying cenderung akan lebih luas. Jadi bukan hanya bullying yang ringan seperti mengejek atau berkata kotor. Melainkan bisa berbuat semena-mena, membiarkan orang lain sengsara dengan kekuasaannya.
"Untuk itu, pelajari mengapa anak rewel. Dia nangisnya kenapa? nangis manja atau manipulatif. kalau manipulatif, tidak perlu disayang. Tapi ditenangkan dan tidak memberi apa yang dia mau. Dengan begitu, anak jadi belajr, dia tidak minta sesuatu dengan menangis. Sedangkan bila orangtua terus membiarkan apa yang anak mau, ketika dia sudah besar, dia bisa banting tv dan bullying orang. Dan saat itu, orangtua akan semakin tidak berdaya," jelasnya.

terus terang ini baru aku temuin, karna Alhamdulillah zahwa bukan tipe pemaksa atau anak yang gampang kepengen punya orang. 

moms, atau kakak, ada cerita juga soal anak yg suka membully?

 

No comments:

Post a Comment