Saturday, September 27, 2014

skincare vs makeup



Kemarin waktu kaka sepupu upload foto di fb, kira2 caption fotonya gini “inilah aku.. sehari2 gini aja polosan tanpa apa2” aku sempet kasi komentar.. “gak pake make up gpp, tapi paling gak pake sunblock mba..”
terus dia bales “dulu pernah pake sunblock dkk komplit, sampe kantor malah smua berantakan.. jadi males” dkk itu yang dimaksud make up eyeshadow, lipstick, dll

lha.. gak nyambung ya.. yang aku maksud itu skincare bukan make up.. tapi ternyata dia gak paham..
skincare itu berbeda sama makeup, tapi karna udah ngeyel gitu aku males ngasi tau lagi :D

jadi fungsi skin care itu untuk merawat kulit, seperti hydrating (kalo kulitnya dehidrasi), nourishing (menutrisi), moisturizing (melembabkan).. sedangkan makeup itu lebih ke menutupi kekurangan kulit seperti concealer untuk menutupi bekas jerawat, dll

dulu aku juga tertarik sama makeup.. aku suka banget ngeliat kalo ada yang jago makeup, tapi apa daya tanganku gak pinter melukis diatas wajahku.. huhuhu udah gitu liat harga alat make up mahal2 bo..

pernah sih, dibeliin kaka sepupu yang lain, makeup lengkap dari eyeshadow, mascara, blush on, lipstick..tapi gagal, udah buka yutub sampe abis kuota inet tetep aja gak bisa bagus hasilnya.. kelopak mataku warnanya agak gelap, mirip2 yg udah pake eyeshadow “natural smokey eyes” Alhamdulillah ya.. sampe dulu waktu sma ada yg nuduh “nova pake eyeshadow ya??”

mascara juga akhirnya nganggur, karna mataku jadi perih.. dan aku pikir bulu mataku udah lentik cuma kurang tebel aja karna dulu sering ucek2 mata pada rontok.. lipsticknya? Nganggur juga, karna aku baru sadar aku gak suka lipstick yg menyala (tapi tidak dalam gelap, halah) akhirnya makeup2 itu aku hibahin ke mama, adek, temen.

Akhirnya aku putusin untuk lebih merawat kulit, daripada bingung nutupin bekas jerawat mending merawat biar bekasnya ilang.. tapi berhubung aku punya kulit sensitive, aku sering alergi (gatal, kulit jadi merah, melepuh bengkak) kalo pakai skincare yg beli ditoko, lebih aman pakai yg alami.. rempong tapi lebih aman buat aku..makeup juga banyak yang bikin aku alergi.

pernah gak, gara2 pake lipstick, bibir jadi bruntusan berair guatel banget? #ngacung
pernah gak, gara2 pake splash cologne kulit jadi gatel, beruntusan sampe gombyor2 kaya ada isi airnya? terus harus dibawa ke UGD.. #ngacung

bahkan kulit istimewa ini gak pake sendal yang lagi heboh karna artis korea make pas kakinya cidera.. di aku, sendal itu bikin gatel *nangis dipojokan karna cuma tau merk2 yang gak bisa aku pake aja, gak tau kandungan apa yg bikin aku alergi.. jadi kalo pas mau nyoba skincare/makeup baru harus siap2 rela kalo harus dibuang karna gak cocok, tapi yg paling sedih pas harus ke dokter spesialis kulit tanpa asuransi..

ok back to topic, udahan curcol nya

jadi menurutku skincare itu untuk merawat, melindungi, kalo gak mau pake makeup baiknya tetep pake skincare.. yang selalu pakai makeup pastinya juga pakai skincare.. karna kulit yang sehat lebih bagus di-makeup-in.

Sekarang ini aku pakai skincare macam sunblock, essential oil, carrier oil, clay mask (buat yang pernah pakai cream abal2 bin gajebo masker french green clay bisa buat detox), hydrosol, sheabutter, masker2 dari dapur :p

Aku pakai makeup? Iya, tapi simple aja, lipstick, eyeliner, bedak udah.. tapi bedaknya jaraaaaang banget dipakai..karna entah kenapa setelah pakai skincare yang gak pake parfum, bau bedak agak mengganggu idung ku :(

Cerita lengkap tentang skincare sama makeupnya besok diposting yah.. mau meluk zahwa dulu.. :p

No comments:

Post a Comment